Gerakan Sadar Madrasah Se-Cilacap

NO ADS

Gerakan Sadar Madrasah Se-Cilacap


CILACAP - Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang khas bercirikan pendidikan Islam, dengan muatan kurikulum nasional pendidikan umum dan pendidikan agama. Keberadaan madrasah sudah sangat lama di negeri ini walaupun pada awal-awal berdirinya belum bisa disetarakan dengan lembaga pendidikan umum, namun seiring perkembangan zaman keberadaannya diakui, disamakan, dan sekarang bahkan menjadi salah satu lembaga pendidikan yang patut diperhitungkan keberadaaanya.
Dengan slogan Madrasahku Idolaku, Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah, maka kini hampir di seluruh jenjang madrasah mengalami peningkatan secara pesat dan cepat. Hal ini dikarenakan telah lahirnya kesadaran masyarakat yang sedikit demi sedikit mulai merasakan nilai-nilai positif dan nilai lebih yang melekat di madrasah, serta dengan tenaga pendidik  yang selalu berusaha energik, inovatif, visioner, dan up to date menjadi kunci bangkitnya madrasah dalam mengemban amanat memajukan tujuan pendidikan nasional. Memang pada awal-awal keberadaannya, madrasah dikenal hanya sebatas lembaga pendidikan khusus untuk mengaji pendidikan agama Islam, sebagian masyarakatpun khawatir jika putra-putrinya kelak tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan ijasah yang diperoleh tidak bisa digunakan untuk keperluan administrasi-administrasi tertentu misalnya syarat memperoleh pekerjaan, namun kini pandangan mereka keliru, mereka mulai mengerti dan memahami serta mengakui eksistensi madrasah yang menyajikan multi ilmu pendidikan, ijasahnya pun setara dengan lembaga pendidikan yang lain, bahkan lulusan madrasah tak sedikit yang sukses dan bisa duduk setara dengan lulusan pendidikan lain.
Madrasah memiliki empat jenjang pendidikan, yaitu RA (Raudhlatul Athfal), MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah), dan MA (Madrasah Aliyah). Keempatnya merupakan lembaga pendidikan berjenjang seperti halnya lembaga pendidikan umum, dan kini lembaga pendidikan madrasah semakin berkibar dan kian populer. Kini nama madrasah bukan lagi sebutan khusus untuk pendidikan mengaji saja, melainkan menghadirkan multi pendidikan, baik agama dan umum.
       Pada awal tahun 2018 ini khususnya di Kabupaten Cilacap, madrasah siap menunjukkan action-nya dan kini tengah berjalan, diantaranya dengan mencanangkan Gerakan Sadar Madrasah (GSM) yang diawali dengan pemasangan 1.000 (seribu) banner yang dipajang di seluruh madrasah dari jenjang RA, MI, MTs, dan MA se-Kabupaten Cilacap. Banner ini dibentangkan di depan madrasah dan tempat-tempat strategis dari ujung timur Kabupaten Cilacap (Kec. Nusawungu) sampai ujung barat Kabupaten Cilacap (Kec. Dayeuhluhur).
      Dengan pemasangan banner ini, diharapkan Masyarakat, Pemangku Pendidikan, Anggota Dewan Legislatif, atau bahkan Bupati akan lebih familier mendengar kata "MADRASAH", sehingga madrasahpun lebih populer dan setara dengan lembaga pendidikan umum, dengan begitu madrasah berharap jika kebijakan-kebijakan pendidikan yang sekarang/ nantinya akan lahir dari pemerintah kabupaten, bisa merangkul madrasah dengan rangkulan yang bijak pula.
      Kita Bergerak Bersama dan Kuat Bersama, kekompakan yang kita bangun sebagai bentuk dalam menunjukkan totalitas dan eksistensi madrasah di Kabupaten Cilacap. Mari kunjungi Kabupaten Cilacap, dan lihatlah betapa solid dan kuatnya persatuan guru madrasah di sini. Saksikan pemandangan banner-banner yang terbentang di tempat-tempat strategis di wilayah kabupaten Cilacap.
      Mudah-mudahan gerakan ini menjadi awal mula munculnya gerakan serupa yang akan lahir di kabupaten-kabupaten lain di Jawa Tengah, dan merambat ke seluruh penjuru Tanah Air.
by Admin Blog

Berikut dokumentasi sebagian banner yang telah dipajang : 



























Sumber Foto : FB Guru Madrasah Kab. Cilacap

Video Penampilan Tari Saman

Video Penampilan Rebana