Sebagai bagian penting dalam pendidikan di Indonesia, madrasah sudah
menjadi entitas tersendiri yang sangat dipertimbangkan dari sisi peran,
kontribusi, eksistensi, mutu dankualitasnya. Sebagaimana
pendahulunya—pesantren—madrasah merupakan akar pendidikan Islam untuk
tingkat dasar dan menengah. Dalam perjalanannya yang cukup panjang,
mungkinsudah jutaan penelitian ataupun artikel tentang madrasah di
Indonesia yang sudah dihasilkan oleh para sarjana atau peneliti, baik
dari dalam negeri maupun luar negeri. Tentu, ini disebabkankarena
madrasah merupakan entitas yang menarik dan unik yang telah mewarnai
sejarah pendidikan di Indonesia.
Perubahan, pembaharuan dan inovasi senantiasa terus menerus dilakukan
oleh madrasah untuk menjawab tantangantantangan zaman. Program-program
pengembangan dan peningkatan mutu dan kualitas senantiasa digenjot.
Prestasi-prestasidari tahun ke tahun diraih baik tingkat nasional dan
internasional. Perlahan tapi pasti, madrasah ‘dahulu’ sudah berganti
menjadi madrasah ‘baru’. Motto “madrasah lebih baik # lebih baik
madrasah” sudah tidak hanya menjadi slogan di hayalan, namun sudah
menjadi kenyataan. Tidak hanya itu, berkat semakin membaiknya
kualitasmadrasah, madrasah sudah tidak lagi menjadi pilihan alternatif
bagi orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya, namun madrasah sudah
menjadi pilihan utama, bukan alternatif lagi.
Dan ketika sudah menetapkan pilihan pada madrasah, maka anak-anak mereka
akan berprestasi dalam berbagai bidang. Oleh sebab itu, motto madrasah
yang tadi perlu ditambahi lagi denganmotto “madrasahku pilihanku,
madrasahku prestasiku.” Jadi, tahun demi tahun, madrasah semakin
meneguhkan eksistensinya, differensiasinya dan ekselensinya demi
mewujudkan cita-cita pendidikan bangsa yang lebih baik.
Memperhatikan perjalanan sejarah yang panjang tersebut, perubahan,
perbaikan dan inovasi yang dilakukan oleh stakeholder madrasah, rasanya
tidak pantas bila detil-detil
sejarah, perubahan, perbaikan dan inovasi tersebut dibiarkan begitu saja
tanpa diikat dalam catatan-catatan. Nah, untuk mengabadikan cita-cita
tersebut, disusunlah buku Ensiklopedia Madrasah, yang berisi entri-entri
atau lema-lema penting terkait madrasah baik dari sisi sejarah, nama
lembaga, regulasi, program, tokoh dan lain sebagainya. Meskipun buku ini
sebenarnya masih jauh untuk disebut sebagai Ensiklopedi, namun sebagai
langkah awal untuk mengabadikan detil-detil madrasah, buku ini tetap
menarik untuk dibaca dan juga dikritik.
Hadirnya buku ini tentu tidak terlepas dari begitu cepatnya perkembangan
pendidikan di Indonesia dan juga begitu cepatnya perubahan, inovasi dan
pembenahan-pembenahan di dunia pendidikan madrasah. Membaca ensiklopedi
ini sama seperti mengikuti perkembangan pendidikan madrasah mutakhir
dan sekaligus membaca kembali lembaran-lembaran sejarah pendidikan
madrasah di masa lampau. Ensiklopedia ini diharapkan mempu mengajak
pembaca untuk bertamasya di dunia pendidikan madrasah dan berhenti di
ujung pemberhentian yang positif: madrasah sudah lebih baik. Semoga. The
last but not the least, saya ucapkan terima kasih banyak kepada para
kontributor ensiklopedia ini, tanpa sumbangan kalian, buku pentingnya
belum tentu bisa terbit. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Kasubbag
TU, M. Munir yang sudah menginisiasi dan mengawal program penyusunan
ensiklopedia madrasah ini hingga terbut dan hingga sampai pada tangan
pembaca. Sebagaimana sebuah proses Ensiklopedia Madrasah ini tidak cukup
berhenti di sini. Saya berharap akan terus ada edisi-edisi
penyempurnaan dari tahun ke tahun. Dan tentu saja, masukan dan kritikan
dari pembaca akan semakin memperkaya isi dan bobot ensiklopedi ini.