contoh surat resign

contoh surat resign

Contoh surat resign adalah contoh surat yang digunakan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan. Simak contoh surat resign yang benar dan baik di sini!

Contoh surat resign atau surat pengunduran diri merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan dengan baik sebelum memutuskan untuk keluar dari pekerjaan. Terkadang, keputusan tersebut tidaklah mudah, namun bila sudah yakin dengan keputusan tersebut maka surat resign harus disusun dengan benar dan jelas agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di antara pihak perusahaan.

Tentu saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat resign seperti alasan mengundurkan diri, tanggal terakhir bekerja, dan ucapan terima kasih kepada atasan dan rekan kerja. Selain itu, penting juga untuk menjaga etika dalam penulisan surat resign agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Berikut ini adalah contoh surat resign yang baik dan benar:

Contoh Surat Resign Tanpa Gelar

Dalam dunia kerja, pengunduran diri atau resign merupakan hal yang wajar terjadi. Ada berbagai alasan seseorang memutuskan untuk resign, mulai dari ingin mencari pengalaman baru hingga ingin fokus pada hal lain di luar pekerjaan. Apapun alasan Anda, penting untuk mengirimkan surat resign secara resmi agar proses pengunduran diri dapat berjalan lancar. Berikut contoh surat resign tanpa gelar yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Alamat dan Tanggal

[Alamat Anda][Tanggal Pengiriman Surat]Kepada,[Atasan Anda][Perusahaan]Assalamu'alaikum Wr. Wb.,Dengan ini, saya bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari posisi yang saya jabat sebagai [jabatan Anda] di perusahaan Bapak/Ibu.

Alasan Resign

Setelah merenungkan dengan matang, saya memutuskan untuk resign karena [tuliskan alasan resign Anda]. Saya menyadari bahwa keputusan ini tidak mudah, namun saya yakin ini adalah langkah terbaik yang harus saya ambil saat ini.Saya sangat bersyukur telah mendapat kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini dan bersama-sama dengan tim, kami berhasil mencapai banyak hal yang luar biasa. Namun, saya merasa sudah saatnya bagi saya untuk mencari tantangan baru dan mengembangkan kemampuan saya di luar bidang pekerjaan saat ini.

Pemberitahuan Resign

Sehubungan dengan pengunduran diri ini, saya ingin memberikan pemberitahuan kepada Bapak/Ibu dan tim bahwa saya siap membantu dalam proses pergantian pekerjaan. Saya akan menyelesaikan tugas-tugas yang masih belum selesai dan membantu melakukan transfer pengetahuan kepada rekan kerja yang baru.Saya juga siap untuk membahas segala hal terkait proses resign ini, dan meminta maaf jika ada kesalahan atau kekurangan selama saya bekerja di perusahaan ini.

Terima Kasih

Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu dan tim atas kesempatan dan dukungan yang diberikan selama saya bekerja di perusahaan ini. Saya merasa telah belajar banyak dan berkembang sebagai seorang profesional berkat bimbingan dari Bapak/Ibu dan tim.Sekali lagi, terima kasih banyak atas semua kenangan indah dan pengalaman berharga yang saya peroleh selama bekerja di perusahaan ini.

Tanda Tangan dan Nama

Saya menyadari bahwa proses resign ini akan membutuhkan waktu untuk diselesaikan dan saya berharap dapat menyelesaikannya dengan baik bersama-sama dengan Bapak/Ibu dan tim.Sekali lagi, terima kasih banyak dan saya mohon maaf atas segala ketidaknyamanan yang mungkin terjadi akibat pengunduran diri ini.Hormat saya,[Nama Anda]

Tips Menulis Surat Resign

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda menulis surat resign yang baik dan benar:1. Gunakan bahasa yang sopan dan profesional2. Jelaskan alasan resign Anda secara singkat namun jelas3. Beri tahu atasan dan tim tentang rencana Anda selama proses pergantian pekerjaan4. Berikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan5. Tandatangani surat resign Anda dengan nama lengkap dan tangan Anda sendiri

Kesimpulan

Pengunduran diri atau resign memang hal yang sulit, namun kadang-kadang diperlukan untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Dalam mengirimkan surat resign, penting untuk menggunakan bahasa yang sopan dan profesional serta memberikan penjelasan yang jelas tentang alasan resign. Semoga contoh surat resign tanpa gelar di atas dapat membantu Anda dalam menulis surat resign yang baik dan benar.

Contoh Surat Resign Tanpa Judul

Surat resign adalah surat yang digunakan untuk memberitahukan kepada atasan bahwa karyawan tidak lagi bekerja di perusahaan. Surat tersebut harus ditulis dengan baik dan sopan agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Namun, bagaimana jika kita ingin menulis surat resign tanpa menyebutkan jabatan kita? Berikut ini adalah contoh surat resign tanpa judul.

Pembukaan Surat

Surat dibuka dengan kalimat salam pembuka dan pengantar dalam bahasa yang sopan serta singkat.

Alasan Pemberhentian

Pada bagian ini, jelaskan alasan utama mengapa Anda ingin berhenti bekerja di perusahaan tersebut. Contoh: Saya ingin memberitahukan bahwa saya telah memutuskan untuk mengakhiri pekerjaan saya di perusahaan ini karena ada hal-hal yang harus saya prioritaskan.

Pengalaman Kerja

Pada bagian ini, jelaskan apa yang Anda pelajari selama bekerja di perusahaan tersebut. Contoh: Selama bekerja di perusahaan ini, saya telah memperoleh banyak pengalaman dan pengetahuan, yang tidak bisa saya dapatkan di perusahaan lain.

Apresiasi

Beri apresiasi kepada perusahaan dan rekan kerja yang membantu Anda selama bekerja di perusahaan tersebut. Contoh: Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada perusahaan dan rekan kerja saya yang telah memberikan dukungan dan kerjasama selama saya bekerja di perusahaan ini.

Tanggal Resign

Pada bagian ini, jelaskan tanggal terakhir Anda bekerja di perusahaan tersebut. Contoh: Saya berharap untuk meninggalkan perusahaan pada tanggal 31 Januari 2022.

Informasi Kontak

Berikan informasi kontak yang dapat dihubungi oleh perusahaan jika dibutuhkan. Contoh: Jika perlu, silakan hubungi saya melalui email atau nomor telepon saya yang tertera di bagian bawah surat ini.

Permintaan Maaf

Meski Anda sudah memberikan alasan dan berbagai penjelasan, tetap sertakan permintaan maaf singkat dalam surat resign tersebut. Contoh: Saya mohon maaf atas segala keterbatasan dan ketidaktahuan saya selama bekerja di perusahaan ini.

Harapan

Berikan harapan baik untuk perusahaan dan rekan kerja Anda di masa depan. Contoh: Saya berharap perusahaan dan rekan kerja saya akan terus berkembang dan meraih kesuksesan di masa depan.

Penutup

Surat resign ditutup dengan kalimat salam penutup dalam bahasa yang sopan dan singkat. Contoh: Salam hormat, [nama]

Tandatangan

Surat resign harus ditandatangani dengan tangan, untuk menunjukkan bahwa ini adalah surat permintaan resign yang sah. Tandatangan ditulis di bagian bawah surat resign.

Demikian contoh surat resign tanpa judul yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Pastikan untuk membuat surat resign dengan baik dan sopan, sehingga tidak ada masalah di kemudian hari.

Sebagai seorang jurnalis, saya sering menemukan karyawan yang memutuskan untuk mengirimkan contoh surat resign kepada atasan mereka. Sebelum membuat keputusan penting ini, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa pro dan kontra terkait surat resign tersebut.

Pro:

  1. Memberikan kesan profesional
    Mengirimkan surat resign dapat memberikan kesan profesional dan sopan kepada atasan Anda. Hal ini menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu dan upaya mereka yang telah berinvestasi dalam karir Anda.
  2. Memungkinkan Anda untuk menjelaskan alasan
    Dalam surat resign, Anda dapat menjelaskan alasan Anda meninggalkan pekerjaan dengan jelas dan terstruktur. Ini dapat membantu menghindari kebingungan atau spekulasi di kemudian hari.
  3. Memperkuat jaringan profesional
    Surat resign dapat membuka pintu bagi Anda untuk memperkuat jaringan profesional Anda dengan atasan dan rekan kerja yang saat ini bekerja di perusahaan Anda.

Kontra:

  1. Tidak selalu diperlukan
    Terkadang, mengirimkan surat resign tidak diperlukan, terutama jika Anda baru saja bekerja di perusahaan untuk waktu yang singkat. Lebih baik membicarakan keputusan Anda secara langsung dengan atasan Anda.
  2. Bisa menciptakan ketegangan
    Ada kemungkinan bahwa surat resign Anda dapat menciptakan ketegangan di tempat kerja, terutama jika Anda meninggalkan perusahaan dalam situasi yang tidak ideal.
  3. Tidak dapat diubah kembali
    Setelah surat resign dikirimkan, biasanya sulit untuk mengubah keputusan tersebut. Pastikan Anda mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang dari keputusan Anda sebelum menandatanganinya.

Oleh karena itu, sebelum mengirimkan contoh surat resign, penting untuk mempertimbangkan baik pro dan kontra yang terkait dengan keputusan ini. Pertimbangkan keadaan Anda secara cermat dan pastikan bahwa keputusan Anda didasarkan pada pertimbangan yang matang.

Berikut adalah contoh surat resign tanpa judul yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan. Surat ini dibuat dengan bahasa yang sopan dan jelas, serta memuat alasan yang tepat mengapa Anda mengundurkan diri.

Pertama-tama, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya yang sebesar-besarnya atas kesempatan dan pengalaman yang telah diberikan oleh perusahaan ini selama saya bekerja di sini. Namun, dengan berat hati saya harus mengajukan pengunduran diri dari posisi saya sebagai karyawan di perusahaan ini.

Alasan saya untuk mengundurkan diri adalah karena ada kesempatan untuk saya mengembangkan karier saya di bidang yang lebih sesuai dengan minat dan bakat saya. Saya yakin bahwa pengalaman dan pengetahuan yang telah saya dapatkan selama bekerja di perusahaan ini akan sangat membantu saya dalam mencapai tujuan tersebut. Saya juga akan memastikan bahwa proses pengunduran diri saya akan berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan ketidaknyamanan bagi rekan kerja maupun perusahaan.

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada perusahaan ini dan semua rekan kerja atas dukungan dan kerjasamanya selama saya bekerja di sini. Saya yakin hubungan baik yang telah terjalin akan terus berlanjut meskipun saya sudah tidak lagi bekerja di perusahaan ini. Sekali lagi, terima kasih dan semoga perusahaan ini terus berkembang dan sukses di masa depan.

Video contoh surat resign


Visit Video

Banyak orang mempertanyakan contoh surat resign yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang surat resign:

  1. Bagaimana cara membuat surat resign?
  2. Untuk membuat surat resign, Anda harus memulai dengan memberi tahu atasan Anda bahwa Anda akan keluar dari pekerjaan. Kemudian, berikan alasan jelas mengapa Anda mengundurkan diri dan sertakan tanggal terakhir Anda bekerja. Jangan lupa untuk menyampaikan rasa terima kasih Anda kepada perusahaan dan rekan kerja Anda.

  3. Apakah surat resign harus diserahkan secara langsung?
  4. Idealnya, surat resign harus diserahkan secara langsung kepada atasan Anda. Namun, jika Anda tidak bisa bertemu dengannya secara langsung, Anda bisa mengirimkan surat tersebut melalui email atau pos.

  5. Haruskah saya memberikan alasan mengapa saya mengundurkan diri?
  6. Tidak ada kewajiban untuk memberikan alasan mengapa Anda mengundurkan diri, tetapi hal itu dapat membantu dalam proses transisi dan menjaga hubungan baik dengan mantan atasan dan rekan kerja Anda.

  7. Apakah saya harus memberikan pemberitahuan sebelum mengundurkan diri?
  8. Sebaiknya, memberikan pemberitahuan sekitar dua minggu sebelum Anda mengundurkan diri agar perusahaan memiliki waktu untuk mencari pengganti Anda.

  9. Apakah saya harus menyertakan CV atau pengalaman kerja saya dalam surat resign?
  10. Tidak perlu, surat resign hanya fokus pada pemberitahuan pengunduran diri Anda dan rasa terima kasih kepada perusahaan dan rekan kerja Anda.

0 Response to "contoh surat resign"

Post a Comment