Festival Gapura Cinta Negeri Total Hadiah 1 Miliar

Jakarta, 17 Juli 2019 – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan waktu yang tepat untuk memberikan pengingat pada seluruh rakyat Indonesia bahwa kita patut bangga dengan negeri ini. Tanpa kita sadari, begitu beragam kegiatan yang dimiliki masyarakat untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dan tanpa kita sadari, ragam-ragam kegiatan tersebut telah menjadi bagian dari tradisi dan kebudayaan, salah satunya kegiatan menghias gapura.
Sehubungan dengan hal ini, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Ekonomi Kreatif berupaya untuk menyelenggarakan sebuah festival bagi Rakyat Indonesia, yakni Festival Gapura yang mengusung tema “Cinta Negeri.” Festival ini akan diselenggarakan mulai tanggal 17 Juli s.d. 17 Agustus 2019. Dengan adanya festival ini, seluruh masyarakat Indonesia diharapkan dapat ikut serta dalam menghias gapura di permukimannya.


Festival Gapura Cinta Negeri Total Hadiah 1 Miliar“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat beragam. Gapura yang dibangun adalah bentuk kreativitas masyarakat dalam menonjolkan kekhasan daerahnya masing-masing. Saya berharap, hal ini dapat meningkatkan semangat Bhineka Tunggal Ika dalam diri masyarakat Indonesia,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.


Sementara itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengungkapkan bahwa selain meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme, Festival Gapura Cinta Negeri merupakan perwujudan gotong royong masyarakat yang dapat mendorong peran aktif masyarakat dalam menyumbangkan ide kreatif. “Festival ini memicu masyarakat untuk berinovasi dalam mengembangkan kreasinya,” lanjut Triawan.
Hasil karya gapura yang sudah dikirimkan akan diseleksi oleh 80 orang panitia kurasi, untuk selanjutnya para kurator akan menyeleksi 50 finalis gapura Kategori Masyarakat Umum dan 10 finalis Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi. Kemudian 60 finalis tersebut akan dinilai oleh Dewan Juri, yang terdiri dari: Menteri Sekretaris  Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Conductor/Music Director Twilite Orchestra Addie MS, Seniman Tari/Koreografer Eko Supriyanto, Founder OMG Consulting dan Co-Founder INSPIGO Yoris Sebastian, Content Creator & Founder Hello Motion Academy Wahyu Aditya, dan Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network Fiki Satari.
Kriteria penilaian antara lain relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep (nilai seni, estetika, dan kreativitas visual), kreativitas produksi, semangat gotong royong dan kebersamaan.
Untuk para pemenang disediakan 15 piala dan uang total Rp 1 Miliar, dengan rincian:

  • 10 Piala dan Piagam untuk 10 Pemenang Gapura Kategori Umum dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang;
  • 1 Piala Presiden Bergilir dan Piagam untuk Gapura Terbaik Kategori Masyarakat Umum dan hadiah uang senilai Rp 250 juta  per pemenang;
  • 3 Piala dan Piagam untuk 3 Pemenang Gapura Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang;
  • 1 Piala dan Piagam untuk Gapura Favorit dan hadiah uang senilai Rp 100 juta.
Informasi dan pendaftaran festival dapat diakses melalui website www.gapuracintanegeri.com. Masing-masing peserta wajib mengirimkan 10 foto yang terdiri dari 4 foto kemeriahan proses pembuatan gapura di lingkungannya, dan 6 foto gapura hasil karyanya.


Periode pengiriman mulai tanggal 17 Juli - 17 Agustus 2019. Selain itu, dalam rangka memeriahkan Festival Gapura Cinta Negeri peserta diharapkan mengunggah video dan foto kemeriahan proses pembangunan gapura di media sosial dengan menggunakan hashtag #GapuraCintaNegeri dan mention ke akun media sosial (Instagram, Twitter, Facebook) @FestivalGapura.


Pada penghujung Festival Gapura Cinta Negeri, akan terpilih 10 pemenang gapura dari Kategori Umum dan 3 pemenang gapura dari Kategori Instansi/Lembaga/Perusahaan/Organisasi. Gapura terbaik di antara 10 pemenang gapura dari Kategori Umum akan mendapatkan Piala Bergilir Presiden. Netizen juga akan mendapatkan kesempatan untuk memilih Gapura Favorit. Setiap pemenang gapura akan diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo. (HumasFGCN)


0 Response to "Festival Gapura Cinta Negeri Total Hadiah 1 Miliar"

Post a Comment