Cara Mudah Cek Spesifikasi Komputer Server ARD

Cara cek spesifikasi komputer dengan mudah tanpa harus buka/ bongkar komputer
Pendidikan di lingkungan Kemenag dari mulai MI, MTs, dan MA sudah menggunakan Aplikasi Raport Digital (ARD) sebagai pengganti buku laporan hasil belajar manual yang selama ini berjalan mulai semester satu tahun pelajaran 2018/2019, namun belum semuanya menggunakan karena memang baru pengenalan dan membutuhkan proses yang tidak mudah. Pada semester dua ini atau akhir tahun pelajaran, ARD mendapatkan pembaruan yang signifikan, berikut ini spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk instal Aplikasi Raport Digital sebagai server atau pusat, sedangkan masing-masing guru menggunakan laptopnya masing-masing sebagai client untuk mengolah nilai.
Berikut Tutorial dan Spesifikasi Komputer yang dibutuhkan :



Untuk mengunduh File di atas Klik tautan berikut :


Sedangkan cara cek operating system (Tipe Windows), Kapasitas Ram, dan Kapasitas hardisk sebagai berikut :
1. Komputer dengan Operating System menggunakan Windows 10, 64 bit
2. Processor minimal Quad Core dengan clock 1,6 Ghz
3. Ram DDR3 minimal berkapasitas 8 Gb
4. Hardisk berkapasitas minimal 250 Gb

Untuk mengeceknya secara cepat tanpa harus bongkar CPU Komputer, Instal Aplikasi SPEECY free version yang bisa didownload pada tautan berikut :

Tunggu Link Generate Hingga 100%

Setelah selesai, buka aplikasi dan lihat hasilnya. Berikut contoh penampakan hasil speecy:
Setelah mengetahui kondisi komputer anda, kini anda telah siap bekerja jika memang telah memenuhi tinggal lanjut saja. Meskipun belum memenuhi sebenarnya tetap bisa digunakan namun bisa saja terhambat misalnya leled, hang, error, dsb. Maka segeralah upgrade CPU komputer anda sesuai anjuran yang sudah ditentukan. Jika tidak memungkinkan diupgrade karena kondisi komputer yang sudah agak jadul, maka solusi terakhir adalah mengganti satu unit CPU untuk mempermudah pekerjaan. Jika anda tetap memaksakan menggunakan komputer dengan spesifikasi seadanya, biasanya akses lambat, sering lag/hang dan tentu saja sangat menghambat pekerjaan yang terus dikejar deadline. Seandainya anda tidak ingin repot mengurusi komputer, maka serahkan urusan ini kepada ahlinya yaitu teknisi komputer.
Demikian informasi yang dapat kami berikan sebagai tutorial singkat untuk mengecek spesifikasi komputer tanpa harus bongkar CPU, semoga bermanfaat.

2 Responses to "Cara Mudah Cek Spesifikasi Komputer Server ARD"

  1. kalau untuk client spek nya berapa mass, atau segitu jugaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Klient, ram 2 gb cukup pak.. DDR 3, Procecor 2core aja bisa pak. Semoga membantu

      Delete