Tutorial Setting Membuat Buku A5 Laporan PTK dan PPL PPG


Selamat sore para pejuang pendidikan yang kami hormati, dalam dunia pendidikan tidak akan lepas dari yang namanya ketik-mengetik dan kalau jaman sekarang pastilah menggunakan komputer/laptop. Adapun software yang sering digunakan yaitu ms.office word.
Pada kesempatan kali ini, saya akan share cara setting membuat buku dengan ms. word dalam ukuran A5, pada kegiatan PPG yang lalu, banyak peserta yang awalnya kerepotan dalam membuat PTK dan Pembuatan Laporan PPL PPG yang berukuran A5, sehingga akhirnya asal membuat diukuran A4 kemudian dipasrahkan ke jasa fotokopi. Namun ternyata tidak semua pemilik fotokopi mau mengedit apalagi yang formatnya berantakan, akhirnya bisa berjam-jam nunggu di tempat fotokopian, wah sangat merepotkan sekali. Nah untuk itu dalam kesempatan kali ini kami akan share langkah demi langkah dalam membuat buku berukuran A5 agar bisa langsung diprint di tempat fotokopi tanpa setting lagi, dan paling hanya 5 menit selesai printing.

1. Setting page layout ke A4 terlebih dahulu

2. Rubah yang awalnya NORMALl menjadi BOOK FOLD

3. Setting margin seperti ini (Top 2 - Inside 1.6 - Bottom 1,5 - Outside 1.8) Lihat gambar berikut :

4. Klik oke dan lanjutkan menulis PTK/ Laporan PPG ataupun copas dari artikel/ data yang sudah ada sampai selesai.
5. Setelah anda benar-benar yakin menyelesaikan pengetikan, dan ingin segera mencetak/copy print di tempat pengeprinan maka baiknya disave dulu ke bentuk PDF, tujuannya apabila terdapat font ayat-ayat al-qur'an ataupun hadis tidak rusak/missing font dan berubah menjadi simbol-simbol yang tidak bermakna, akhirnya pusing sendiri.  Caranya sebagai berikut :

- Klik file, pilih save as, (bisa langsung dengan menekan tombol F12), kemudian cari opsi PDF

- Klik Option dan centrang kolom bitmap text wen font may not be embeded, tujuanya agar font arab/ ayat/ hadis tidak rusak kemudian klik ok dan save.

5. Dengan setting demikian, maka file tersebut siap kita bawa ke tempat print/copy tanpa khawatir missing font. (Bisa juga kita print sendiri, setting printer bolak-balik/ duplex)
6. Demikian tutorial singkat dalam membuat buku, dalam hal ini PTK atau Laporan PPL PPG dan semoga bermanfaat.

Jika anda ingin melihat contoh PTK yang sudah jadi berikut fomatnya silakan klik tautan berikut :

0 Response to "Tutorial Setting Membuat Buku A5 Laporan PTK dan PPL PPG"

Post a Comment