Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)

Pembelajaran : Proses membuat para siswa melakukan kegiatan belajar [Abdul Aziz Shaleh]
Pembelajaran: Upaya menciptakan iklim dan pelayanan terhadap kemampuan, potensi, minat, bakat, dan kebutuhan peserta didik yang beragam agar terjadi interaksi optimal antara guru/dosen dengan peserta didik serta peserta didik dengan peserta didik.
Apakah: Metode itu? Cara menyampaikan materi pelajaran.
Model Pembelajaran: Tindakan pembelajaran dari guru yang memenuhi syarat-syarat berikut.
1. Ada penemunya/ahlinya.
2. Ada tujuan yang akan dicapai.
3. Ada tingkah laku yang spesifik.
4. Ada lingkungan yang perlu diciptakan.


Model Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Tokoh: Elaine B. Johnson – Thn 2002
Model pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

KARAKTERISTIKNYA, 
siswa/mahasiswa:
1. Perlu kerja sama 
2. Saling menunjang 
3. Suasana menyenangkan 
4. Belajar dgn minat tinggi 
5. Terintegrasi 
6. Berbagai sumber 
7. Aktif
8. Ada sharing
9. Kritis – Kreatif
10. Pamer karya
11. Portofolio
12. Authentic assesment

Tujuh langkah dalam pembelajaran CTL:
1. kembangkan pemikiran konstruktivisme;
2. munculkan kegiatan inquiry/penemuan;
3. ungkap rasa ingin tahu, misalnya lewat pertanyaan;
4. ciptakan masyarakat belajar;
5. hadirkan pemodelan untuk contoh;
6. lakukan refleksi di akhir pertemuan;
7. lakukan penilaian dengan berbagai cara.

0 Response to "Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)"

Post a Comment