Juknis TPG 2018


Setelah seharian melakukan aktivitas dan baru sempat sejenak melepas lelah untuk istirahat, sampai admin ketinggalan info tentang juknis TPG yang baru keluar tadi sore,, baiklah walaupun telat yang penting masih bisa sharing.. semoga bermanfaat :

File di bawah ini masih utuh dalam 1 pdf berukuran 65,9 mb. Untuk file yang sudah di split/ dipotong per item agar ukurannya menjadi lebih kecil yang terdiri dari SK TPG 2018 dan 11 lampiran lainnya, silakan gulir ke bawah, dan unduh pada tautan masing-masing.

Silahkan unduh file aslinya dengan cara klik di sini (file pdf 65,9 mb)
Untuk menyesuaikan jadwal yang ada pada simpatika, maka pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 ini menggunakan struktur kurikulum berdasarkan KMA No. 165 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah yang muatan pelajarannya memiliki jumlah jam yang sudah ditentukan masing-masing pada jenjang MI, MTs, dan MA.

1. Beban Mengajar dan Struktur Kurikulum MI
Keterangan:
  1. Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya dapat memuat Bahasa Daerah. Selain kegiatan intrakurikuler seperti yang tercantum di dalam struktur kurikulum di atas, terdapat pula kegiatan ekstrakurikuler Madrasah Ibtidaiyah antara lain Pramuka (Wajib), Unit Kesehatan Sekolah, Kegiatan Rohani Islam (Rohis) dan lain sebagainya.
  2. Kegiatan ekstra kurikuler yaitu, Pramuka (utama), Unit Kesehatan Madrasah, Palang Merah Remaja, Kegiatan Rohani Islam (Rohis), Olahraga, Kesenian, Karya Ilmiah Remaja, Olimpiade dan yang lainnya adalah dalam rangka mendukung pembentukan kepribadian, kepemimpinan dan sikap sosial peserta didik, terutamanya adalah sikap peduli. Di samping itu juga dapat dipergunakan sebagai wadah dalam penguatan pembelajaran berbasis pengamatan maupun dalam usaha memperkuat kompetensi keterampilannya dalam ranah konkrit. Dengan demikian kegiatan ekstra kurikuler ini dapat dirancang sebagai pendukung kegiatan kurikuler.
  3. Mata pelajaran Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat. Mata pelajaran Kelompok B yang terdiri atas mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
  4. Bahasa Daerah sebagai muatan lokal dapat diajarkan secara terintegrasi dengan mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya atau diajarkan secara terpisah apabila daerah merasa perlu untuk memisahkannya. Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per minggu sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan tersebut.
  5. Sebagai pembelajaran tematik terpadu, angka jumlah jam pelajaran per minggu untuk tiap mata pelajaran adalah relatif. Guru dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan peserta didik dalam pencapaian kompetensi yang diharapkan.
  6. Jumlah alokasi waktu jam pembelajaran setiap kelas merupakan jumlah minimal yang dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Beban belajar merupakan keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran:
1. Beban belajar di Madrasah Ibtidaiyah dinyatakan dalam jam pembelajaran per minggu.
  • Beban belajar satu minggu Kelas I adalah 34 jam pembelajaran.
  • Beban belajar satu minggu Kelas II adalah 36 jam pembelajaran.
  • Beban belajar satu minggu Kelas III adalah 40 jam pembelajaran.
  • Beban belajar satu minggu Kelas IV, V, dan VI adalah 43 jam pembelajaran, durasi setiap satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
  • 2. Beban belajar di Kelas I, II, III, IV, dan V dalam satu semester paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.
    3. Beban belajar di kelas VI pada semester ganjil paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.
    4. Beban belajar di kelas VI pada semester genap paling sedikit 14 minggu dan paling banyak 16 minggu.
    5. Beban belajar dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 36 minggu dan paling banyak 40 minggu.

    2. Beban Mengajar dan Struktur Kurikulum MTs


    3. Peminatan Matematika dan Ilmu Alam MA

    4. Peminatan IPS

    5. Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya

    6. Peminatan Ilmu Keagamaan MA
    Untuk mendapatkan struktur kurikum yang lebih lengkap, silakan unduh file pdf yang terdiri dari 318 halaman, klik link gambar berikut : 
    Dan berikut view isi lampiran KMA tersebut