MODUL PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN TAMAN KANAK KANAK

Wednesday, September 6, 2017

MODUL PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN TAMAN KANAK KANAK


Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan, diawali dengan pelaksanaan Uji Kompetensi Guru dan ditindaklanjuti dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar kegiatan tersebut, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa (PPPPTK TK dan PLB), telah mengembangkan Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bidang Taman Kanak-kanak yang terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Pertumbuhan dan perkembangan mengalami peningkatan yang pesat pada usia dini, yaitu dari 0 sampai 5 tahun. Masa ini sering juga disebut sebagai fase ”Golden Age”. Golden age merupakan masa yang sangat penting untuk memperhatikan tumbuh kembang anak secara cermat agar sedini mungkin dapat terdeteksi apabila terjadi kelainan. Selain itu, penanganan kelainan yang sesuai pada masa golden age dapat meminimalisir kelainan pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga kelainan yang bersifat permanen dapat dicegah.
Berkaitan dengan uraian pendidikan tersebut, tentu berhubungan dengan belajar mengajar, khususnya untuk guru, yaitu upaya mendapatkan pengakuan guru profesional, dalam hal ini yaitu sertifikasi. 
Sertifikasi 2017 telah dilakukan secara bertahap, mulai dari penjaringan sampai tingkat penyeleksian melalui UKG, nah kali ini  kami share MODUL PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN UNTUK TAMAN KANAK-KANAK dilengkapi dengan soal beserta jawabannya.

Silahkan unduh file berikut, terdapat 10 Modul diantaranya :

Video Penampilan Tari Saman

Video Penampilan Rebana