Ensiklopedi Madrasah

NO ADS

Ensiklopedi Madrasah


Sebagai bagian penting dalam pendidikan di Indonesia, madrasah sudah menjadi entitas tersendiri yang sangat dipertimbangkan dari sisi peran, kontribusi, eksistensi, mutu dankualitasnya. Sebagaimana pendahulunya—pesantren—madrasah merupakan akar pendidikan Islam untuk tingkat dasar dan menengah. Dalam perjalanannya yang cukup panjang, mungkinsudah jutaan penelitian ataupun artikel tentang madrasah di Indonesia yang sudah dihasilkan oleh para sarjana atau peneliti, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tentu, ini disebabkankarena madrasah merupakan entitas yang menarik dan unik yang telah mewarnai sejarah pendidikan di Indonesia.


Perubahan, pembaharuan dan inovasi senantiasa terus menerus dilakukan oleh madrasah untuk menjawab tantangantantangan zaman. Program-program pengembangan dan peningkatan mutu dan kualitas senantiasa digenjot. Prestasi-prestasidari tahun ke tahun diraih baik tingkat nasional dan internasional. Perlahan tapi pasti, madrasah ‘dahulu’ sudah berganti menjadi madrasah ‘baru’. Motto “madrasah lebih baik # lebih baik madrasah” sudah tidak hanya menjadi slogan di hayalan, namun sudah menjadi  kenyataan. Tidak hanya itu, berkat semakin membaiknya kualitasmadrasah, madrasah sudah tidak lagi menjadi pilihan alternatif bagi orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya, namun madrasah sudah menjadi pilihan utama, bukan alternatif lagi.



Dan ketika sudah menetapkan pilihan pada madrasah, maka anak-anak mereka akan berprestasi dalam berbagai bidang. Oleh sebab itu, motto madrasah yang tadi perlu ditambahi lagi denganmotto “madrasahku pilihanku, madrasahku prestasiku.” Jadi, tahun demi tahun, madrasah semakin meneguhkan eksistensinya, differensiasinya dan ekselensinya demi mewujudkan cita-cita pendidikan bangsa yang lebih baik.



Memperhatikan perjalanan sejarah yang panjang tersebut, perubahan, perbaikan dan inovasi yang dilakukan oleh stakeholder madrasah, rasanya tidak pantas bila detil-detil
sejarah, perubahan, perbaikan dan inovasi tersebut dibiarkan begitu saja tanpa diikat dalam catatan-catatan. Nah, untuk mengabadikan cita-cita tersebut, disusunlah buku Ensiklopedia Madrasah, yang berisi entri-entri atau lema-lema penting terkait madrasah baik dari sisi sejarah, nama lembaga, regulasi, program, tokoh dan lain sebagainya. Meskipun buku ini sebenarnya masih jauh untuk disebut sebagai Ensiklopedi, namun sebagai langkah awal untuk mengabadikan detil-detil madrasah, buku ini tetap menarik untuk dibaca dan juga dikritik.




Hadirnya buku ini tentu tidak terlepas dari begitu cepatnya perkembangan pendidikan di Indonesia dan juga begitu cepatnya perubahan, inovasi dan pembenahan-pembenahan di dunia pendidikan madrasah. Membaca ensiklopedi ini sama seperti mengikuti perkembangan pendidikan madrasah mutakhir dan sekaligus membaca kembali lembaran-lembaran sejarah pendidikan madrasah di masa lampau. Ensiklopedia ini diharapkan mempu mengajak pembaca untuk bertamasya di dunia pendidikan madrasah dan berhenti di ujung pemberhentian yang positif: madrasah sudah lebih baik. Semoga. The last but not the least, saya ucapkan terima kasih banyak kepada para kontributor ensiklopedia ini, tanpa sumbangan kalian, buku pentingnya belum tentu bisa terbit. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Kasubbag TU, M. Munir yang sudah menginisiasi dan mengawal program penyusunan ensiklopedia madrasah ini hingga terbut dan hingga sampai pada tangan pembaca. Sebagaimana sebuah proses Ensiklopedia Madrasah ini tidak cukup berhenti di sini. Saya berharap akan terus ada edisi-edisi penyempurnaan dari tahun ke tahun. Dan tentu saja, masukan dan kritikan dari pembaca akan semakin memperkaya isi dan bobot ensiklopedi ini.

Video Penampilan Tari Saman

Video Penampilan Rebana